Ruang lingkup dan kedudukan filsafat ilmu

RUANG LINGKUP DAN KEDUDUKAN FILSAFAT ILMU

A. Pendahuluan
Ruang lingkup filsafat ilmu dalam bidang filsafat sebagai keseluruhan pada dasarnya mencakup dua pokok bahasan, yaitu : pertama, membahas “sifat pengetahuan ilmiah”, dan kedua, menelaah “cara-cara mengusahakan pengetahuan ilmiah”. Filsafat ilmu ialah penyelidikan filosofis tentang ciri-ciri pengetahuan ilmiah dan cara-cara untuk memperolehnya. Dengan kata lain filsafat ilmu sesungguhnya merupakan penyelidikan lanjutan.
Filsafat ilmu dikelompokkan menjadi dua, yaitu :
1. Filsafat ilmu umum, yang mencakup kajian tentang persoalan kesatuan, keseragaman, serta hubungan diantara segenap ilmu.
2. Filsafat ilmu khusus, yaitu kajian filsafat ilmu yang membicarakan kategori-kategori serta metode-metode yang digunakan dalam ilmu-ilmu tertentu atau dalam kelompok-kelompok ilmu tertentu, seperti dalam kelompok ilmu alam, kelompok ilmu masyarakat, kelompok ilmu tehnik dan sebagainya.
Filsafat ilmu dapat pula dikelompokkan berdasarkan model pendekatan, yaitu :
1. Filsafat ilmu terapan, yaitu filsafat ilmu yang mengkaji pokok pikiran kefilsafatan yang melatarbelakangi pengetahuan normatif dunia ilmu. Pada kajian ini dunia ilmu bertemu dengan dunia filsafat. Jadi filsafat ilmu terapan tidak bertitik tolak dari dunia filsafat melainkan dari dunia ilmu.
Filsafat ilmu terapan sebagai pengetahuan normatif mencakup :
a. Pengetahuan yang berupa pola pikir hakekat keilmuan.
b. Pengetahuan mengenai model praktek ilmiah yang diturunkan dari pola pikir.
c. Pengetahuan mengenai berbagai sarana ilmiah.
d. Serangkaian nilai yang bersifat etis yang terkait dengan pola pikir dengan model praktek yang khusus.

[ Download ]

Tulisan ini dipublikasikan di Hukum. Tandai permalink.